Travel Uncategorized

Happy 74th Birthday Indonesia!

17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2019. 74 tahun Indonesia telah berdiri, dan selama 74 tahun juga semangat anak muda Indonesia membantu bangsa ini berkembang dari tahun ke tahun.

Kalau ngomongin soal kemerdekaan Indonesia, gue sering banget kepikiran soal perjuangan para pejuang negara di zaman-nya. Nggak kebayang banget gimana rasanya mengingat zaman sekarang yang apa-apa serba gampang banget, mau apa aja udah ada, nggak perlu susah-susah. Sesimpel sekarang ada AC dan zaman dulu nggak ada, sesimpel sekarang mau minum dan mandi gampang banget sedangkan dulu selain susah juga was-was takut dibom atau tiba-tiba perang. For this, I am beyond grateful for living in this era.

Tepat sehari sebelum gue nulis post ini which was yesterday, gue nonton… apa ya sebutnya? Cuplikan atau film pendek? Intinya, tayangan yang dibuat oleh Tokopedia dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10, sekaligus merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-74, di KompasTV. Saat nonton itu, gue melihat bagaimana seorang Najwa Shihab berjuang, kemudian Iwan Fals, Dea Valencia, lalu ya pendiri Tokopedia itu sendiri, William Tanuwijaya, dan perasaan gue bereaksi tanpa bisa dijelasin dengan rinci. Yang gue rasain saat nonton dengan seriusnya (walaupun bokap dan nyokap sering menginterupsi dengan berbagai celetukan mereka yang ganggu gue saat lagi serius nonton) adalah campuran antara perasaan haru, bangga, seneng, sedih.

Melihat ada beberapa orang yang mau berjuang sebegitunya, sekeras itu, untuk Indonesia, gue terharu. Banget. Bangga malah. Dan itu sangat amat menginspirasi gue untuk juga berkarya. Terus berkarya dengan lebih baik lagi, melanjutkan karya-karya gue yang sebelumnya sudah gue telurkan sedikit demi sedikit, perlahan tapi pasti.

Di usia kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun, bertepatan dengan segala kemajuan teknologi canggih dan kemudahan informasi yang bisa didapatkan oleh semua orang, gue cuma berharap bahwa akan ada lebih banyak anak muda lagi yang mau berjuang, lebih peduli lagi akan masyarakat sekitar di wilayah Indonesia yang belum kenal apa itu teknologi, yang mau tetap maju dan berjuang membanggakan nama Indonesia dengan memberdayakan sesamanya yang berkekurangan, yang mau terus berkarya dan bangga akan negeri tercinta, Indonesia.

Usia 74 tahun ini belum ada apa-apa. Meski sudah terkesan tua kalau dilihat sebagai umur manusia, umur 74 tahun bagi sebuah negara bahkan belum ada 1 abad. Itu sebabnya dengan semakin banyak generasi millenial dan generasi Z bahkan generasi alpha sebagai generasi muda penerus bangsa, gue cuma berharap akan ada lebih banyak anak muda yang mau mulai, mau mempertahankan, dan mau melanjutkan apa yang seharusnya bisa dilakukan untuk membanggakan Indonesia lebih lagi.

Kalau kata Tokopedia dengan slogannya yang dikampanyekan banyak orang, artis, influencers, content creators, seniman, bahkan menteri dan presiden sekalipun, #MulaiAjaDulu karena bagi mereka yang bahkan sudah berusia 10 tahun yaitu Tokopedia dan 74 tahun yaitu Indonesia, mereka saja masih menyatakan diri sebagai #KamiBaruMulai.

Untuk Tokopedia, big applause from me! I am very proud of whoever the guy and teams behind the whole Tokopedia existence.

Untuk Indonesia, inilah rasa bangga dan hormatku.

Untuk anak-anak muda Indonesia, ayo kita jadi generasi muda yang #CerdasProduktifBerkarya demi memajukan Indonesia dan demi membantu sesama kita yang berkekurangan.

Salam hangat,

Leave a Reply