Self Wellness

Create Your Dream Life

The title sounds amazing, right? You can create your dream life. And while it is true, there are some things you need to do in order to create your dream life, and one of them is make your Vivid Dream first.

Apa sih itu Vivid Dream? Vivid Dream itu gambaran dari apa yang lo inginkan, atau mimpikan. Lo ingin hari sempurna lo seperti apa? Lo ingin masa depan yang lo inginkan seperti apa? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa lo pada gambaran atas hidup yang lo inginkan. Gambaran ini yang kita sebut dengan Vivid Dream.

Vivid Dream bisa lo buat dengan tulisan berupa apa yang lo inginkan untuk terjadi di hidup impian lo, di masa depan lo, atau bisa juga lo buat lewat gambar atau mind map. Lebih keren lagi kalau lo bisa gambar dan buat Vivid Dream lo di satu buku sketchbook. Lo gambar deh lembar per lembar dengan hari seperti apa yang lo ingin hidupi, pendidikan seperti apa yang ingin lo pelajari, keluarga seperti apa yang lo inginkan, perkumpulan dengan teman-teman yang bagaimana yang bisa membuat lo bahagia, dan masih banyak lagi. Kenapa gue bilang lo bisa tuliskan atau gambarkan si Vivid Dream ini? Karena kalau hanya ada di pikiran lo saja, Vivid Dream ini hanya akan menjadi sebuah khayalan semata. Bahkan, bisa-bisa lo lupa sama hidup yang lo impi-impikan sendiri. Jadi, tuangkan isi kepala lo menjadi Vivid Dream dalam bentuk tulisan atau gambar atau bahkan foto yang bisa lo simpan dan sering-sering lo lihat.

Mungkin menuangkan Vivid Dream ke dalam suatu bentuk karya terdengar sulit, namun melalui karya lo inilah, Vivid Dream ini menjadi berguna. Vivid Dream yang lo tuangkan ke dalam kertas akan menjadi acuan lo, atau bahkan target yang dapat membawa lo menjadi lebih semangat dalam menjalani hari-hari lo meskipun itu membosankan atau bahkan tidak lo sukai. Kenapa? Karena lewat karya yang berisi Vivid Dream lo, lo tahu apa yang lo kejar dari usaha atau perjungan penuh susah payah yang lo jalani saat ini. Lo tahu apa yang akan lo capai atau lo dapat dari uang yang lo kumpulkan selama lo bekerja. Vivid Dream membantu lo berjalan selaras dengan apa yang lo ingin capai.

Menuliskan atau menggambarkan Vivid Dream secara detail bukan berarti lo menginginkan hidup yang sama persis, 100% sama dengan apa yang lo tulis atau gambar. Menginginkan 100% kesamaan antara realita dan Vivid Dream berarti lo orang yang kaku. Tidak ada salahnya, namun tidak perlu dilakukan sama persis karena ini hanya akan menyebabkan lo merasa stres atau frustasi apabila lo tidak bisa mencapainya 100% sama dengan apa yang lo tuliskan atau gambarkan. Peran Vivid Dream ini bukan sebagai target plek-plek sama persis yang harus dicapai, tapi panduan untuk berjalan mencapai target yang lo inginkan.

Ketika lo mengikuti Vivid Dream yang lo gambarkan secara detil dan lo bersikap kaku untuk menjadikannya sama plek-plek, sebenarnya lo hanya membatasi diri untuk tumbuh dan berkembang. Let me tell you my story. I used to write my Vivid Dream very detail. Up to this day, I still do it, write my Vivid Dream. The difference is just in my mind. Back then, I took my Vivid Dream as a target that I need to achieve. If i can’t achieve it, then I failed. Without realizing, by doing that it means that I am trying to limit myself. What if there is another greater event that could happen to me, but because of my stiffness and my stubborness, I end up can’t have it? What if along the way to achieve my target, my Vivid Dream, I become someone better in the process? By becoming better, it means that I could get anything better too. Yet because of the Vivid Dream that I need to follow and achieve strictly, I still see my achievement as something not worthy.

Di saat lo menuliskan Vivid Dream lo sedetil mungkin dan lo juga ingin mencapainya sedetil mungkin, tanpa sadar lo hanya membatasi diri lo sendiri dengan angan-angan atau khayalan yang belum tentu lebih baik dari apa yang Tuhan atau semesta bisa berikan. Lo juga berarti membatasi potensi diri lo sendiri yang bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Potensi di sini bukan hanya tentang knowledge, skill, atau achievement, tapi juga tentang kepribadian dan pola pikir yang semakin dewasa, semakin menghargai orang lain apapun yang mereka lakukan bahkan meski itu mengganggu lo, semakin bersyukur, semakin berpikiran luas dan terbuka, dan semakin penuh dengan kedamaian, baik dengan orang lain ataupun dengan diri sendiri.

Gue pribadi menyarankan lo membuat Vivid Dream lo sendiri sebagai langkah awal untuk membuat hidup impian lo. Create your dream life by making a Vivid Dream first. Setelah itu, jadikan Vivid Dream lo sebagai gambaran dan panduan untuk lo melangkah meraih mimpi, bukan sebagai target yang harus diraih sama persis. Membuat Vivid Dream nggak perlu keahlian. Semua orang bisa melakukan itu. Bahkan kalau lo malas sekalipun, lo tinggal membuka laptop atau komputer dan menuangkan Vivid Dream lo berupa tulisan di Microsoft Word atau gambar di Microsoft Paint.

Sebagai penutup tulisan ini, gue berikan beberapa pertanyaan yang mungkin akan membantu lo dalam membayangkan seeprti apa hidup impian lo.

  • Apa yang ingin lo raih dalam waktu 5 tahun mendatang?
  • Seperti apa hari lo yang ideal?
  • Bagaimana lo menjalani pekerjaan lo?
  • Kehidupan sosial seperti apa yang ingin lo jalani?
  • Bagaimana cara lo menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta seperti keluarga, pasangan, atau teman?
  • Pencapaian seperti apa yang lo raih di masa mendatang?

Catatan tambahan, Vivid Dream lo bisa berubah setiap saat seiring dengan perubahan pola pikir dan kepribadian. Terus update Vivid Dream lo sama seperti lo harus terus meng-upgrade diri sendiri dari segala aspek (knowledge, skill, karakter, habit, attitude, penampilan). Segala sesuatu di dunia ini berubah, termasuk diri lo sendiri. Perubahan tempat tinggal, lingkungan kerja, teman-teman sepergaulan, mentor, leader, keluarga, semuanya mempengaruhi lo untuk terus berubah seiring berjalannya waktu. Berubahlah menjadi lebih baik supaya masa depan lo juga semakin baik.

Selamat menjadikan hidup impian lo menjadi kenyataan, #YoungsterCPB! Ayo kita jadi anak muda yang #CerdasProduktifBerkarya!

Your one and only,

Leave a Reply